jump to navigation

Bali sedang Melasti Maret 24, 2009

Posted by trinil in hari-hari q.
trackback

Hari ini memang panas tuk pulau dewata ini. Tapi tu semua ga membuat Umat Hindu tak melakukan Upacara Melasti. Seperti dari tulisan aku sebelumnya (Nyepi), Melasti adalah menghanyutkan kekotoran alam dengan menggunakan air kehidupan yaitu air laut yang dianggap sebagai sumber Tirtha Amertha (Dewa Ruci, Pemuteran Mandaragiri). so dengan kata lain tu upacara di adain di pantai, aku aja yang posisi agak jauh dr pantai (t4 gawe;red/) ngrasa panas buanget sampai2 aku mandi 2 kali. Matahari yang terik tak  membuat mereka meninggalkan upacara yang merupakan rentetan peribadatan dalam perayaan Hari raya Nyepi Tahun baru Saka yang sekarang adalah tahun baru saka 1931. Super market ga kalah ramenya degan pantai, orang2 non Hindu sedang berburu persiapan menjelang Nyepi. Karena waktu hari nyepiga da kegiatan di luar rumah tuk non Hindu. Akses internet (Jasa ISP), layanan jasa Bank, kantor pos dan pemerintahan berhenti total, bahkan aktifitas manusia, Fasilitas umum seperti bandara, terminal, pelabuhan juga ditutup. Dalam 1 hari itu pulau bali benar2 bebas polusi, kebisingan dan kemacetan. Seperti pulau tanpa penghuni dalam sehari. Pada malamnya tidak di perbolehkan adana lampu menyala di dalam rumah atau kamar, klo ada pasti pecalang datang menangkap anda. Pecalang adalah aparat keamanan adat (orang yang diperbolehkan untuk beraktifitas pada hari Nyepi). Rumah Sakit, Polisi, PMK dan PMI 24 jam dijamin ga tutup waktu Nyepi. Klo buat telepon PSTN ato seluler n listrik? itu semua ga mati, cuma pada malam hari ga boleh nyalain lampunya, so klo mo telpon bisa ja, mo akses internet bisa asal pake modem tau Pake HP.

Komentar»

1. lidya - Maret 25, 2009

Salam kenal juga ya. aku link blog nya ya

2. paket tidung - Januari 20, 2014

My brother recommended I might like this blog.
He was totally right. This post actually made my day.
You can not imagine simply how much time I had spent
for this info! Thanks!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: