jump to navigation

Nyepi Maret 24, 2009

Posted by trinil in berita.
trackback

SembahNyangIni tahun ketiga aku merasakan hari raya nyepi di Pulau dewata ini. Seperti biasa sebelum nyepi orang2 non Hindu menyiapkan perbekalan mereka untuk satu hari penuh, tak terkecuali aku. Biasanya aku atau orang2 lainnya sehari sebelum nyepi atau tepatnya malamnyepi pada rame2 ke supermarket atau mall, mereka rame2 buat membeli persedian waktu nyepi. Nyepi adalah hari pergantian tahun Saka (Isakawarsa) yang dirayakan setiap satu tahun sekali yang jatuh pada sehari sesudah tileming kesanga pada tanggal 1 sasih Kedasa. Tahun 2009 ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 26/03/2009, dan Tahun ini adalah tahun baru saka 1931. Rangkaian perayaan nyepi adalah Tawur, Melasti, Berata Penyepian , dan Ngembak Geni.

melastiTawur ialah Penyucian/ pemarisudha bhuta kala yang dalam pemujaan dimurtikan, setelah diberi tawur menjadi somiya. Setelah Tawur dilanjutkan Ngerupuk yang dilaksakan di tiap-tiap perkarangan rumah. Melasti adalah menghanyutkan kekotoran alam dengan menggunakan air kehidupan yaitu air laut yang dianggap sebagai sumber Tirtha Amertha (Dewa Ruci, Pemuteran Mandaragiri). Berata Penyepian yaitu Empat berata pantangan yang wajib diikuti pada hari raya Nyepi yaitu :Amati Geni (berpantangan menyalakan api), Amati Karya (berhenti aktifitas kerja), Amati Lelungan (dilarang bepergian), Amati lelanguan (menghentikan kesenangan/ menghentikan menghibur diri), disini diharapkan Umat Hindu Total untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Brata ini mulai dilakukan pada saat matahari “Prabrata” fajar menyingsing sampai fajar menyingsing kembali keesokan harinya (24 jam). Ngembak Geni jatuh sehari setelah Hari Raya Nyepi sebagai hari berakhirnya brata Nyepi, hari ini dapat dipergunakan melaksanakan dharma santi baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat:

  1. Lingkungan keluarga.
    Dharma Santi dapat dilakukan berupa kunjung mengunjungi dalam keluarga dalam usaha menyampaikan ucapan selamat tahun baru dan terbinanya kerukunan dan perdamaian. Pelaksanaan dharma santi ini dapat dilaksanakan pada hari Ngembak Geni dan beberapa hari sesudah itu.
  2. Masyarakat.
    Dharma santi dengan lingkungan masyarakat hendaknya dilakukan dengan: Dharma wacana, dharma gita (lagu- lagu keagamaan/ kidung, kekawin, pembacaan sloka, dharma tula (diskusi) persembahyangan, pentas seni yang bernafaskan keagamaan, serta memberikan “punia” kepada yang patut menerimanya.

Ogoh2Biasanya sebelum malam sebelum nyepi atau malam nyepi (pengrupukan) itu ada kegiatan yaitu mengarak ogoh2 tuk keliling banjar selanjutnya dibakar.  Ogoh-ogoh merupakan simbol butakala yang berbentuk patung berbagai raksasa. Di bakarnya ogoh-ogoh ini bermakna untuk mensucikan manusia dari sifat buruk sehingga menjadi harmonis dan seimbang. Tapi sayang untuk Beberapa tahun ini pengarakan ogoh-ogoh tidak sebesar tahun2 sebelumnya. Semenjak aku tinggal 3 tahun disini ogoh-ogoh hanya digunakan untuk perlombaan saja tidak lebih dan aku hany melihat dibeberapa tempat strategis yang melakukan arakan ogoh-ogoh. Seperti di kuta. Tahun ini dilarang tuk melakukan arakan ogoh-ogoh karena alasan keamanan menjelang pemilu, kemungkinan ada cuma di Kuta yang notabene kawasan Wisata.

Yang jelas tuk Teman2 aku yang beragama Hindu Selamat Hari raya Galungan, Hari raya Nyepi, n Hari raya Kuningan.

Spesial Thank’s for :

  1. Babad Bali
  2. Leler.com
  3. The Jakarta Post
  4. Bali Post
  5. Semua sumber
  6. Pembaca

Terima kasih,


Komentar»

1. WANDI rozaq - Maret 27, 2009

Kuucapkan selamat nyepi nyenyet mbah, tapi blog nggak boleh sepi dong, apalagi perut. Selamat mbah Trinil dapet Award hari ini dari aku, silakan kunjungi. Sayange garingan😀

trinil - Maret 27, 2009

Suwun pake…
Aku dah di kasih Award hari ini.
Moga menjadi inspirasi n semangat aku tuk menjalin Friendly Blogger ma semua blogger yang ada di Indonesia ini ato ke selurauh dunia. Hehehe…
Insya Allah aku lak walking2 nang blog punya orang biar bisa rame…
N tuk tulisan aku kmaren libur nyepi, alnya koneksi internet tuk ISP mati total.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: