jump to navigation

Geguritan Mei 22, 2009

Posted by trinil in hari-hari q.
trackback

Umur bukanlah alasan untuk mencari ilmu dan belajar, itu yang aku rasakan kepada kedua orang tua aku. Umur mereka yang sudah tak terlalu muda, di atas angka 50 tak membuatnya malu untukbelajar kepada orang yang lebih muda umurnya. Kata mereka buat apa malu belajar kepada yang muda, klo memang mereka lebih ahli di bidang itu.
Papa yang suka bongkar pasang barang elektronik (biasanya kita menyebutnya terima bongkar tak terima pasang) maklum semua rongsokan elektrnik yang ada di gudang rumah adalh eksperimen papaku. klo ada barang rusak mo elektronik, motor dsb, dia yang akan bersemangat untuk pertama kali memperbaikinya. Untuk elektronik, klo papa blom pernah memperbaikinya maka dia akan observasi tu barang, dan akan di cros cek, bahkan papaku pinjem buku elektronik untuk anak kuliah dari om aku (dulu waktu pertama kali mencoba memperbaiki tv), dan kebiasaan itu semua berlaku sampai sekarang. Dulu sewaktu papa tinggal sebulan bersama aku dan kakakku di bali, di minta di ajari memakai komputer, trus kita ajarin aja ngetik di m. word dan main games (biar tak bosen), dan sekarang dia minta di ajari mengedit foto klo aku pulang nanti, katanya mo buka jasa photo digital (pernah lihat aku ngedit foto).
Mamaku juga begitu kebiasaanya membantu teman-temannya untuk proses administrasi kenaikan pangkat dan sertifikasi bahkan membuat karya tulis (buat sendiri dan untuk sendiri, tanpa ada plagiatan), mengharuskan dia harus bisa memakai m.word dan internet. Tak ragu-ragu mama aku minta diajari aku ato kakak waktu dulu aku pulkam, dan waktu kami balik ke bali mama juga tak ragu meminta bantuan teman kerjanya yang dulu pernah jadi muridnya untuk mengajari.
Sikap kedua ortuku tersebut menyadarkan aku akan pentingnya mencari ilmu dan belajar hal baru, walaupun itu hal yang sangat kecil sekalipun dan jangan malu untuk belajar kepada orang yang lebih muda umurnya kalo di memang ahli di bidang itu.
Ini adalah sebagian karya papaku sewaktu belajar mengetik di m. word, katanya ini namanya geguritan :

JENGGRIK  GUMELAR  DADI  KUTO  CILIK

TAK  TEBAH  DODO  ROSO RUDO  NELANGSO

RATAN  KRIKIL  LEDU   KANG  NDADEKE  SESAKE DODO

KAPAN RATAN KINASIH IKI DADI KAYa NGAWIKU  BERSEMANGAT

DPS. 6 OKT 2007/09.15

GBS.BORGOL

NYAI  RATU  PRISSILA  AYU

PINUNTUN  PAMULANGAN  SMP 2 JENGGRIK

PIDEKSO  GRAPYAK  LAN SEMBODO

TABUH SURYO  RAHAYUNING  TAMBAT. TGL. 5 OKT 1955

DPS. 6 OKT 2007/0945

GBS.BORGOL

R0r0  ayu  kinasih

Kartini  kuto  cilik kang mapan ing deso jenggrik

Tabah  ora  aeng  lan  nglokro

Emansipasi  wanito  mudo  kang  dadi  conto  desane

Gelar  kang  kasandang  ora ndadekake  sombong  ing  pamikir

Ilmu kangkekunci kagelAR MONGSO KADANG TANI MBUTuh ake

DPS. 6 OKT 2007

TARUNO  MUDO  KANG  LAGI  SINAU  WULANGRUH

GEBYAR  RINENGGO  PAMULANGAN  AKBAR  FAK ELEKTRO  UNud

BAKAL  DADI  CONTO  PORO  MUDO  ING  DESANE

Dps, 6 okt 2007

Ngawi  kang edipeni saiki  katon aking

Pang pang jati podo garing

gemresak  suarane RONTOK yen ono angin

panas ngare kadang tani podo soro

lir  tan ono  luh medodari kang tumetes

pakde  borgol  20071021

umbul  jambe

kawentar  edipeni  ing   tlatah  jawa

mili  tan  ora  kendat

GEGODONGAN  KATON   ijo  royoroyo

kadang wredo

TARUNO  MUDO

pujOnggO   WULANG  RUH

SENDANG  KANG DADI  LABUHAN  ATI

DPS  21200710

SPIRIT  UNTUK  ANAK2 .

SEMUA ADA  PASANG  SURUTNYA  APA  YANG  KITA  PEROLEH.

SEMUA  ADA  HIKMAHNYA  APA  YANG  KITA  KERJAKAN.

HARI  INI  ASA  UNTUK  HARI  ESUK.

HARI  ESUK  ASA  YANG  TERTUNDA.

SEMUA  ASA  ADALAH  PERJUANGAN.

SEMUA  ASA  BERAKHIR  DIPELABUHAN  SEJAHTERA.

VICTORY DPS. 20072110.

Komentar»

1. Gadget and Technology - Mei 23, 2009

perrtamaaaxx *yess *yess *ditampar
beuuh banyak amat geguritannya. koleksi sendiri apa karay orang mas?

oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan ‘manjakan mata, telinga dan waktu anda dengan samsung LED TV’. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

2. Budi Warsana - Mei 25, 2009

dulu masih SD disurabaya juga sering baca yang namanya ‘geguritan’ trus ikutan baca majalah “jayabaya’ yang pake bahasa jawa yang sekarang sudah ga terbit lagi…. saya jadi bersemangat belajar lagi….salam kenal

3. edratna - Mei 28, 2009

Lha memang belajar itu kan tetap harus dilakukan, jika berhenti artinya kita memang sudah berhenti melakukan apapun. Bahkan kita bisa belajar dari melihat lingkungan sehari-hari, disekeliling kita.

4. KangBoed - Mei 28, 2009

hidup adalah belajar.. belajaaaaaar mencari makna hidup dan kehidupan…
Salam Sayang

5. Eka Situmorang-Sir - Mei 28, 2009

Bisa di translate gak puisi2nya itu ?
Mau tauu artinya..
bener dech

6. trinil - Mei 29, 2009

@ Cihuii : Sip, tapi kasih komeng di LED TV Teknologi aju juga ya…
@ Mr. Budi Warsana : Mama aku juga langganan dulu Maklum Guru B. Jawa juga, xixixi…, Wah sekarang dah ga terbit ya… Emmm, padahal bagus lo, kan ada crita wayangnya juga, hehehehe…
@ Bunda Ratna : Setuju n sepakat aku ma Bunda
@ KangBoed : Siip… Salang sayang juga…
@ Miss Eka : Waduh, aku dah banyak lupa bahasa jawa, Cuma dikit2… Maaf…

7. rahma - Juni 4, 2009

geguritan perasaan puisi dengan bahasa jawa.tapi kok disini geguritannya nga’ seperti geguritan.
karena:
1.terlalu pendek
2.bahasanya kurang
3.kurang menarik
maaf kalau ada yang menyinggung.
terima kasih

8. KangBoed - Juni 15, 2009

hihihihi.. yayang yayangan… aciiiik mauuuu
Salam Sayang

9. Margaretha - Januari 4, 2011

geguritannya bagiku kurang menarik dan bener tidak seperti geguritan Bahasa Jawa

10. trinil - Januari 27, 2011

@Rahma n Margaretha : siiiiiiiiiiip……….
@KangBoed : salam sayang slalu….

11. ulfa - Februari 20, 2011

cara buat geguritan gimana?
dengan menggunakan kata-kata yang indah…
kosakatanya cari dimana?
terima kasih.

12. lydhia snuff - Maret 14, 2011

ndi geguritan.e??????ngapusii……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: