jump to navigation

Daging kenyal November 30, 2009

Posted by trinil in agama, berita, hari-hari q.
trackback

Umat Muslim punya 2 idul yaitu idul fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal dan idul adha yang jatuh tanggal 10 zulhhijah. Baru-baru ni umat muslim ngrayain idul adha alias idul qurban.

Alkisah…..

Jaman dahulu kala ada seorang umat manusia yang dipilih sebagai seorang nabi dan rosul di suatu negeri. Umat tersebut mempunyai jenis kelamin Laki-laki tak lain dan tak bukan namanya adalah Ibrahim AS ada juga yang bilang Abraham. Ibrahim mempunyai seorang ayah yang bekerja sebagai pembuat patung berhala yang disembah sebagai Tuhan untuk negerinya. Dia berbeda pandangan dan prinsip akan ketuhanan dengan ayah dan semua orang dinegerinya. Dia tidak percaya dan yakin akan Tuhan yang disembah oleh orang-orang, makanya dia menghancurkan semua patung berhala dengan kapaknya kecuali satu yang paling besar atau yang menjadi pimpinan berhala tersebut karena kapak yang digunakan di taruh di (dikapakkan di leherna). Sang raja marah dan mencari pelakunya, kemudian ibrahim berkata kepada sang raja tanya saja kepada patung yang masih utuh siapa pelakunya, mana mungkin dia bisa jawab la wong patung, pasti kamu yang mengjancurkan semuanya, bakar dia(ibrahim) selama 7 hari kata sang raja. Ibrahim dibakar tapi anehnya dia tak terbakar sedikitpun. Pada saat dibakar malaikat menawarkan bantuan pada ibrahim untuk memadamkan api dengan beberapa cara tapi ibrahim menolak semuanya dan berpasrah kepada Allah SWT. BTW sebelum mengenal Allah SWT, Ibrahim mencari kebenaran tentang Ketuhanan tersebut, dia pernah menganggap matahari sebagai tuhan, tapi ternyata matahari waktu malam mengilang berganti bulan dan bintang tapi sayang semuanya menghilang saat pagi. Berarti semua itu bukan Tuhan. Akhirnya dia diberi arti dan makna akan ketuhanan itu sendiri yaitu Allah SWT.

Back;

Dia menyerahkan segala sesuatu pada Allah SWT bukan yang lain. Karena selama 7 hari tak bisa dibakar Ibrahim menyatakan akan bergi dari negerinya (sesuai petunjuk Allah SWT) dia pergi berdakwah. Akhirnya dia menikah dengan seorang wanita yang soleha dan seorang pembantu yang cantik dan solehah juga. Dia menginginkan mempunyai anak, karena sang istri blom bisa memberikan keturunan maka sang istri meminta sang suami untuk menikahi sang pembantu yang bernama siti hajar. Setelah menikah dengan hajar dia mempunyai seorang anak laki0laki yang diberi nama ISmail AS, kemudian atas perintah Allah SWT dia membawa hajar dan ismail kedaerah yang gersang yang sekarang kita tahu namanya mekkah. Kemudian setelah umur 13 tahun dia ke tempat hajar dan ismail. Kemudian dia mendapatkan perintah untuk mengkorbankan Ismail dengan cara disembelih. Ibrahim mengatakan niatnya untuk mengorbankan dirinya (Ismail As) untuk Allah sesuai dengan perintah Allah, dan ismail pun menjawab iya karena perintah Allah SWT. Kemudian Ismail disembelih di sebuah altar dan tiba2 saat disembelih Ismail langsung berubah jadi domba.

Dari Alkisah diatas semoga kita bisa ambil hikmahnya.

Idul Adha di negeriku Indonesia ini sudah merupakan acara tahunan dimana diadakan penyembelihan hewan. Ada beberapa yang ingin ku kritisi dari tradisi tahunan ini antara lain:

1. Pembagian daging kurban yang tidak memanusiakan manusia.

Kenapa aku bisa bilang begitu karena hewan korban sendiri untuk memuliakan yang berkorban dan yang menerima daging korban. Seharusnya panitia membagikan daging korban ke masing-masing orang yang wajib mendapatkannya (langsung kerumah masing-masing) bukan dengan meminta mereka datang ketempat pembagian hewan.

2. Memanfaatkan situasi ekonomi.

Panitia memanfaatkan situasi ekonomi si penerima sehingga klo mo dapet daging ya datang aja ke tempat pembagian hewan kurban baik dengan cara pembagian kupon maupun tidak. Sehingga terjadi penumpukan manusia di suatu tempat pembagian hewan kurban. Kalo kita tinjau lebih dalam siapa sih yang butuh sebenarnya??? ya benar emang sama2 membutuhkan tapi yang paling butuh adalah yang sedang berkorban. Seandainya semua orang di negeriku tercinta Indonesia makmur maka apakah akan ada orang2 yang mengantri banyak seperti itu atau orang-orang tersebut (penerima daging) lebih memilih tinggal dirumah dari pada harus mengantri apa yang akan diperbuat o;ej pengorban (terutama panitia korban)???

3. Korban Nyawa

Hanya untuk beberapa ons daging kenyal rela antri berjam-jam dengan panas terik matahari menyengat blom lagi kehujanan klo sdg turun hujan, serta membawa anak kecil. Yang andri belakangan ga tahan antri kemudian mendorong orang didepannya dan terus menerus mendorong kemudian ada yang jatuh dan pingsan bahkan ada yang kehilangan nyawa. Innalillahi wa innalillahi rojiun.

4. Tidak belajar dari pengalaman

Ada pepatah bilang, hanya keledai dan orang bodoh yang terjebak untuk kedua kalinya di lubang yang sama. Tapi anehnya rata2 orang di negeri yang kaya ini tak pernah belajar dari pengalaman yang telah lalu, mereka selalu melakukan kesalahan yang sama bahkan bukan yang kedua ato ketiga kalinya lebih… trus pepatah yang bisa dipake untuk orang0orang seperti ini apa ??? kan klo mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kali pake pepatah diatas, ta[i ini mengulang kesalahannya berkali-kali bahkan mungkin ratusan kali!!!!!

 

Cukup nitu dulu ah kritisi na, tacut yang protes balik ma aku ntar na, hehehehe😛

Semoga tahun depan idul adha bukan hanya sekedar tradisi aja, melainkan esensi dan makna dari Idul Adha tersebut bisa masuk keruang sendi diri kita masing-masing umat muslim.

BTW

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1430 H

Komentar»

1. jak-stik - November 30, 2009

met idul adha ya😀 idul adha waktunya nyate2, hahaha

2. annosmile - Desember 14, 2009

met idul adha bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: