jump to navigation

Selesain TA Januari 9, 2010

Posted by trinil in hari-hari q, Kuliah.
Tags: ,
trackback

Indonesia telah berhasil membuat radar sendiri dari Indra (Indonesian Radar) sampai yang terbaru ISRA (Indonesian Sea Radar) yang dalam bahasa Indonesianya radar laut indonesia. isra merupakan radar pengawas pantai dan laut pertama milik Indonesia. Radar2 ini merupakan hasil jeripayah dari peneliti2 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), tepatnya selama 3 tahun mereka melakukan riset ini dengan biaya kurang lebih 3 M. Dengan menggunakan Isra diharapkan pengawasan kita terhadap laut wilayah Indonesia dapat diatasi sehingga penyelundupan dan pelanggaran wilayah teritorial oleh negara tetangga dapat diminimalisir. Isra tak hanya untuk pengawas laut saja bisa digunakan untuk pengawasan udara, keamanan negara/ prtahanan/militer dll. Radar ini menggunakan teknologi Frequency Modulation Continuous Wave (FMCW). Teknologi ini memakai daya yang kecil dan harganya sangat murah, bahkan ukurannya sangat kecil dibandingkan radar yang dipakai oleh Indonesia sebelumnya. ISRA mempunyai panjang 2 meter dengan lebar 1 meter. karena daya yang dipakai kecil maka jarak pendeteksiannya juga kecil maksimal 64 Km, kemudian pendeteksian Objeknya juga terpengaruh oleh alam seperti hujan tekanan angin dan sebagainya. Tapi sayangnya radar ini 60 % perangkatnya masih Import dan itu sudah dapat diatas dengan diadakan kerjasama dengan perusahaan dalam negeri. sedangkan untuk kelemahan pendeteksian objeknya masih di perbaiki dengan penelitian2. Rencananya radar dengan teknologi yang sama juga akan diterapkan di kapal2 TNI AL pada 2010 ini, Bahkan untuk instansi2 yang memerlukan radar juga akan memakai radar buatan LIPI. Sehingga CINTAILAH PRODUK INDONESIA akan terlaksana.
Karena pendeteksian objek ISRA kurang bagus, maka untuk TA ini aku mempunyai judul “ANALISA FREQUENCY MODULATION CONTINUOUS WAVE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDETEKSI OBJEK PADA RADAR LAUT INDONESIA (ISRA)”
diharapkan bisa menemukan parameter yang bisa lebih baik dalam mendeteksi objek. Memang tidak secara langsung kelapangan dengan menggunakan Isra melainkan hanya melalui literatur dan referensi saja.
Untuk sementara selesain TA hanya baru sampai bab 3 dan masih di didalami lagi karena Trinil masih bingung n males2an apalagi itu juga hanya untuk mengerjakan tugas untuk mata kuliah radar tepatnya untuk UAS bukan benar2 TA yang akan membawa aku ke gelar sarjana, ya kalaupun bisa disetujui oleh dosen mungkin saja memang melanjutkan TA ini untuk dapat gelar ST. Hehehehe…..

Komentar»

1. andipeace - Januari 9, 2010

semoga aja berhasil untuk melanjutkan ke ST.
harapan ga akan terjawab tanpa tindakan😀

salam kenal

2. Lambang 212° - Januari 10, 2010

Wuah hebat juga Indonesia bisa membuat radar.

3. budies - Januari 11, 2010

ikut bangga dengan kemajuan peradaran indonesia, semoga gak jadi bulan-bulanan negara tetangga

4. trinil - Januari 12, 2010

@Andipeace : Terimakasih doa nya.
@Lambang & Pak Budies : Sama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: