jump to navigation

Saatnya beralih pakai Pertamax Juli 26, 2010

Posted by trinil in hari-hari q.
trackback

Masih kita ingat tahun 2007 yang lalu pemerintah telah melakukan kompresi dari Minyak tanah ke LPG, untuk mengurangi subsidi mitan yang besar nilainya. Aku salah satu orang yang setuju dan sepakat akan hal itu, yaitu membuat masyarakat menggunakan LPG bukan Mitan. Alasan aku sebenarnya cukup simpel aja, yaitu kalau masyarakat menggunakan LPG maka mereka turut serta dalam mengurangi Global warming, dan juga membantu mengurangi beban pemerintah untuk subsidi. Dampak dari pembakar LPG tidak terlalu banyak mengeluarkan karbondioksida dibandingkan jika menggunakan Mitan, kemudian jika memasak menggunakan LPG lebih cepat dibandingkan dengan Mitan. Tapi sayang hal mulia tersebut di ciderai dengan adanya masalah tabung gas 3 Kg yang meledak, tabung yang harusnya berstandar SNI ternyata tidak (ada yang bertuliskan berstandar SNI tapi kenyataannya tidak berstandar SNI), adanya pengoplosan LPG. Kurangnya sosialisasi pemakaian dan perawatan yang benar menggunakan LPG, membuat masyarakat kadang2 sembrono dan tidak hati-hati. dan masalah ini pun sampai sekarang belom terselesaikan.

Kembali ke judul diatas….
Saatnya beralih pakai Pertamax.

Beberapa waktu yang lalu ada kabar kalau pemerintah dan pertamina akan mengurangi subsidi terhadap premium untuk kendaraan roda 2. Dan hal tersebut mendapat reaksi pro dan kontra, rata-rata kontra.
Premium merupakan bahan bakar yang mempunyai oktan dibawah 90, kalau ga salah premium produksi pertamina mempunyai oktan 88, pertamax mempunyai oktan 92, pertamax plus oktan 96.
memang tak semua motor dapat memakai pertamax maupun pertamax plus, dengan alasan mesin lama, tak itu tak berlaku bagi mobil, apalagi mobil yang “premium”.
Jika kita menggunakan Pertamax/plus kita juga turut serta meminimalisir dampak Global warming. Pembakaran yang sempurna dibandingkan premium, sehingga gas buang kendaraan bermotor dapat ditekan, dan kita tak perlu menambah zat aditif lagi, kinerja mesin meningkat dan lebih bertenaga, membuat mesin lebih awet.
diatas merupakan alasan mengapa aku menggunakan biopertamax (klo ga ada pertamax atau pertamax-plus) untuk motor yang aku pakai karena ramah lingkungan.
Tapi sayang, tak semua SPBU pertamina ada jenis pertamax terutama di luar kota, untungnya di area aku tinggal “Denpasar City” banyak SPBU-pasti pas yang menyediakan jenis pertamax.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: