jump to navigation

Trayek Utama dan Trayek Pengumpan (Kota Denpasar) Trans Sarbagita Oktober 5, 2012

Posted by trinil in hari-hari q.
Tags: , ,
trackback

Kemacetan merupakan hal yang sudah biasa dijumpai di kota-kota metropolitan, tak terkecuali di Bali Selatan. Untuk mengatasi kemacetan tersebut pemerintah propinsi Bali telah membentuk UPT Trans Sarbagita, yang berada di bawah Dinas Perhubungan, Informasai dan Komunikasi Propinsi Bali, dengan mengoperasikan sarana transportasi massal bus Trans Sarbagita. Trans Sarbagita direncanakan akan melalui 4 (empat) wilayah administratif kota/kabupaten di propinsi Bali yaitu : Kota Denpasar, Kab. Badung, Kab. Gianyar, dan Kab. Tabanan. Terdapat 17 Trayek Utama Trans Sarbagita yaitu :

  • Koridor 1, Rute : Kota – Sudirman – Pesanggaran – UNUD – GWK   PP
  • Koridor 2a, Rute : Batubulan – Sanur – Dewa Ruci – Sentral Parkir   PP
    ; Koridor 2b, Rute : Sentra Parkir – Dewa Ruci – Jimbaran – Nusa Dua   PP
  • Koridor 3, Rute : Petitenget – Teuku Umar – Renon – Sanur   PP
  • Koridor 4, Rute : Sanur – Singapadu – Kedewatan – Ubud   PP
  • Koridor 5, Rute : Bandara Ngurah Rai – Nusa Dua   PP
  • Koridor 6, Rute : Batubulan – Gatsu – Kerobokan – Dewa Ruci – Bandara Ngurah Rai   PP
  • Koridor 7, Rute : Mengwi – Ubung – Kota – Pelabuhan Benoa   PP
  • Koridor 8, Rute : Canggu – Kota – Sanur   PP
  • Koridor 9, Rute : Mengwi – Kerobokan – Kuta – Bandara Ngurah Rai   PP
  • Koridor 10, Rute : Batubulan – Kota – Bandara Ngurah Rai   PP
  • Koridor 11, Rute : Munggu – Kerobokan – Nusadua   PP
  • Koridor 12, Rute : Sanur – Purnama – Lebih   PP
  • Koridor 13, Rute : Kuta – Munggu – Tanah Lot   PP
  • Koridor 14, Rute : Sanglah – A. Yani – Mambal  PP
  • Koridor 15, Rute : Kediri – Mengwi – Mambal – Ubud – Gianyar   PP
  • Koridor 16, Rute : Bandara Ngurah Rai – Sanur   PP
  • Koridor 17, Rute : Bandara Ngurah Rai – Kuta – Petitenget   PP

Trayek yang sudah berjalan adalah trayek koridor 2, Batubulan -Nusadua PP yang pertama kali dioperasikan pada hari kamis tanggal 18 Agustus 2012 dengan tarif Rp. 3.500,- untuk umum dan Rp. 3.000,- untuk pelajar dan beroperasi dari pukul 05.00 – 21.00 WITA. Sampai tulisan ini dibuat, trayek koridor 1, Kota-GWK PP sudah berjalan, yaitu dari Kota (jl. Kamboja) – Sudirman – Pesanggaran – Kampus Unud Jimbaran – GWK (Garuda Wisnu Kencana) PP.

Untuk memaksimalkan layanan trans sarbagita, pemerintah kota Denpasar melalui Dinas Perhubungan Kota Denpasar, membuat Trayek Pengumpan (TP) atau bahasa gaulnya Feeder Trans Sarbagita dimana saat ini ada empat koridor, yaitu TP 01 (GOR Ngurah Rai – Renon), TP 02 (Matahari Terbit – Simpang Enam Teuku Umar), TP 03 (Simpang enam Teuku Umar – Pemogan – SMA 5 Denpasar), dan TP 04 (Suci – SMA 2 Denpasar – Sidakarya).

TP 01 rute yang dilewati adalah GOR Ngurah Rai – Jl. Kamboja (SMA 7 Denpasar) – Jl. Melati – Jl. WR. Supratman – Jl. Nusa Indah – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Narakusuma – Jl. Pandu – Jl. Merdeka – Jl. Moh. Yamin – Jl. Raya Puputan Niti Mandala ke kiri ke bundaran Renon (BPS Bali) – Jl. Tukad Penet – Jl.Tukad Yeh Aya – Jl. Tukad Balian ke utara – Jl. Raya Puputan Niti Mandala ke Barat – Jl. Sudirman – SMA 2 Denpasar – Jl. SUdirman – Jl. Dewi Sartika (Matahari/Robinson) – Jl. Diponegoro – Jl. Hasanudin – Jl. Udayana – Jl. Caturmuka – Jl. Surapati – Jl. Kepundung – Jl. Patimnura – GOR Ngurah Rai.

TP 02 rute yang dilewati adalah Matahari terbit – Jl. By Pass Ngurah Rai Sanur – Jl. Danau Buyan – Jl. Tukad Bilok – Jl. Tukad Balian – Jl. Tukad Yeh Aya – Jl. Waturenggong – Jl. Pulau Nias – Jl. Pulau Bali – Jl. Lombok – Jl. Komodo – Jl. Pulau Tarakan – Simpang enam teuku umar – Jl. Pulau Kawe – Jl. Staelit – Jl. Nusa Penida – Jl. Lombok – Jl. Pulau Bali – Jl. Pulau Nias – Jl. Diponegoro – Jl. Serma Made Oka – Jl. Serda Made Pil – Jl. Serma Mendra – Jl. SUdirman (Depan Ekonomi) – Jl. Waturenggong – Jl. Tukad Yeh Aya – Jl. Tukad Balian – Jl. Tukad Bilok – Jl. Danau Buyan – Jl. Ngurah Rai – Matahari Terbit.

TP 03 memiliki rute Jl. Pulau Nias – Jl. Pulau Bali – Jl. Lombok – Jl. Pulau Komodo – Jl. Pulau Tarakan – SImpang Enam Teuku Umar – Jl. Pulau Kawe – Jl. Pulau Bungin – Jl. Raya Pemogan – Jl. By Pass Ngurah Rai – SImpang Benoa – Jl. Diponegoro (Pesanggaran) – SImpang Pulau Moyo Diponegoro – Jl. Suwung Batan Kendal – Jl. Mertasari – Jl. Pendidikan (SMA 5 Denpasar) – Jl. Sidakarya – Jl. Diponegoro – Jl. Pulau Nias.

TP 04 melalui rute Suci – Jl. Hasanudin – Jl. Sutoyo – Jl. Sudirman (SMA 2 Denpasar) – Jl. Waturenggong – Jl. Tukad Pakerisan – Jl. Raya Bedugul – Jl. Dewata – Jl. Sidakarya – Jl. Sesetan – Jl. Diponegoro – Suci.

Untuk semua Trayek pengumpan dikenakan tarif Rp. 2000,- Jauh – dekat sama harganya. Sampai dengan tanggal 31 Desember 2012 G R A T I S.

Semoga dengan adanya Trayek pengumpan ini masyarakat kembali moda transportasi massal, untuk menjaga Alam dan mengurangi kemacetan, meskipun baru dua Trayek Trans Sarbagita dan empat Trayek Pengumpan yang berjalan, kedepannya diharapkan semua trayek segera di aktifkan, dan trayek pengumpan di perbanyak.

Let’s use public Transportation.

Komentar»

1. SITI FATIMAH AHMAD - Oktober 6, 2012

Assalaamu’alaikum wr.wb mas Trinil…

masalah macet (kesesakan) jalan raya selalu menjadi keresahan kepada rakyat yang diakibatkan sistem perhubungan yang tidak dirancang dengan baik.

Di Malaysia juga mengalami hal yang sama sepuluh tahun yang lalu. Alhamdulillah, masalah ini dapat dikurangkan dengan banyaknya jalan pengangkutan (transportasi) yang sudah dibina bagi kemudahan rakyat terutama dalam waktu utama (prime time).

Jelas terlihat kini, pemerintah Indonesia terutama di propinsi Bali sudah mulai merencana sesuatu yang bijak untuk menangani masalah macet walaupun mengambil masa yang lama untuk merealisasikannya.

Di peringkat awal, pasti banyak kesulitan yang ditemui sehinggalah selesai pembinaannya yang akan lebih menguntungkan rakyat dan memudahkan perjalanan antara tempat yang lebih efektif dan menjimatkan masa.

Semoga kita semakin bersyukur dengan segala pembangunan yang sedia ada dan membangun bersama negara untuk kemenjadiannya yang lebih bermakna sebagai bumi kehidupan yang makmur.

Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.😀

trinil - Oktober 21, 2012

Alhamdulillah akhirnya Prop. Bali sudah memulai menerapkan moda transportasi massal. Tapi sayang sosialisasi tentang feeder/TP kurang baik, meskipun masih gratis sampai 31/12/2012. Apalagi untuk TP di daerah jimbaran (Kab. Badung). Delay dari Bus 1 dengan Bus 2 sangatlah lama.
Ya semoga saja bisa kesadaran “Public” bisa memanfaatkan fasilitas ini.

2. SITI FATIMAH AHMAD - Oktober 25, 2012

Asslaamu’alaikum wr.wb, mas Trinil…

Dalam kesempatan yang ada (sibuk) hari ini, saya dengan hati yang tulus ikhlas ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H.

Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

MAAF ZAHIR DAN BATIN.

Salam Iedul Adha dari Sarikei, Sarawak.

trinil - Oktober 31, 2012

Waalaikumsalam Wr. Wb
Terima kasih untuk ucapannya,
Selamat Iedul Adha 1433 H
Moga perilaku Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As dapat kita tauladanim dan Iedul Adha bukan hanya sekedar perayaan semata.
Salam dari Pulau Dewata, Bali Indonesia

3. Andra - Desember 4, 2012

nanya dong..

apa bener tuh? dua ratus rupiah?

“Untuk semua Trayek pengumpan dikenakan tarif Rp. 200,- Jauh – dekat sama harganya.”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: